Penemu Jaringan 4G asli orang Indonesia

Anda mungkin sudah mengenal jaringan untuk telepon selular 3G bukan? Nah dalam perkembangannya telah ditemukan jaringan 4G yang lebih kuat dari 3G.

Penemu Jaringan 4G adalah ilmuwan Indonesia
Tahukah anda penemu jaringan 4G itu siapa? penemu jaringan 4G adalah Prof. Dr. Khoirul Anwar. Beliau adalah orang Indonesia yang saat ini bermukim di Jepang. Profesor kelahiran Kediri tahun 1978 itu menemukan metode komunikasi yang lebih cepat dengan energi yang lebih sedikit dalam keterbatasan kanal komunikasi. Dia mengurangi daya transmisi, hasilnya kecepatan data yang dikirim meningkat. "Sistem ini mampu menurunkan energi sampai 5dB atau 100 ribu kali lebih kecil dari yang diperlukan sebelumnya," katanya.


Temuan ini bisa diterapkan pada hampir semua sistem telekomunikasi, termasuk GSM, CDMA, dan cocok untuk diterapkan pada sistem 4G yang membutuhkan kinerja tinggi dengan tingkat kompleksitas rendah. 

Khoirul Anwar adalah anak bangsa yang berasal dari Dusun Jabon, Desa Juwet, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri, Jawa timur.

Sejak kuliah di Tehnik Elektro, Institut Teknologi Bandung kecerdasannya sudah menonjol dibandingkan teman-temannya. Hal ini terbukti lulus sebagai cum laude pada tahun 2000. Karirnya masih cerah dengan beasiswa dari Panasonic untuk melanjutkan pendidikannya ke Nara Institute Science and Technology (NAIST). Dari universitas tersebut dia berhasil memperoleh gelar Master (2005) dan Doktor (2008).

Satu lagi anak bangsa yang mengharumkan nama Indonesia. Banyak pemikir yang lebih "dipercaya" dan "dihargai" oleh bangsa lain sehingga karyanya menjadi milik bangsa lain. Mengapa tidak menjadi sumber daya bangsa sendiri atau pemimpin negeri ini tidak tahu? atau tidak peduli? Inilah fakta yang sering terjadi pada negeri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar