Tips aman mengemudi untuk yang mau mudik

Tips aman mengemudi untuk yang mau mudik
foto :antarafoto.com
Mudik menjadi fenomena tersendiri, terutama dalam perjalanannya, arus mudik dan arus balik selalu dibumbui dengan macet, semrawut, bahkan kecelakaan dimana-mana.

Berikut ini adalah tips aman berkendara bagi anda yang nyetir kendaraan sendiri diwaktu mudik :

Servis mobil anda sebelum mudik.
Hal ini penting untuk menghindari masalah pada mesin, karena perjalanan jauh dan efek macet diperjalanan dapat membuat mesin mobil anda "kerja berat". Jadi pastikan mobil anda sehat.

Posisi duduk supir harus nyaman
Posisi yang nyaman akan membuat supir tidak mudah lelah dan dapat mengontrol semua panel dalam berkendara dengan baik.

Perhatikan rambu-rambu lalu lintas
Rambu-rambu menjadi petunjuk dan larangan  bagi pengemudi, patuhi rambu-rambu untuk menghindari kecelakaan. Jika dilarang mendahului, ya jangan, batasi kecepatan sesuai rambu-rambu lalu lintas.

Jaga jarak dan tetap waspada
Sering sekali terjadi tabrakan beruntun saat mudik karena banyak orang yang seperti terburu-buru untuk sampai ke kampung halamannya. Menjaga jarak dengan kendaraan didepan anda adalah solusi untuk aman berkendara.

Istirahatlah jika merasa sudah lelah
Banyak orang yang akhirnya berakhir naas karena memaksakan diri untuk berkendara meskipun badan sudah capek. Jangan sampai berniat lebaran berkumpul keluarga malah di Rumah sakit atau mungkin lebih buruk dari itu.

Ada Co-driver jika memungkinkan
Ini mungkin istilah saya saja, usahakan ada penumpang yang berperan untuk menemani atau mensuppport supir, supaya supir terbantu dengan kondisi jalan yang ramai untuk mengawasi kondisi jalanan yang mungkin tidak terpantau atau tidak dilihat supir, seperti tikungan.

Berdoa
Ya, selain usaha kita untuk hati-hati dalam berkendara, meminta perlindungan dari yang maha kuasa juga penting.

Itulah beberapa tips aman untuk menghadapi mudik lebaran. Selamat mudik Lebaran 2013!....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar